Senin, 11 Juli 2011

Digital Broadcast

KATA PENGANTAR

Puji dan Syukur Penulis Panjatkan ke Hadirat Tuhan Yang Maha Esa karena berkat limpahan Rahmat dan Karunia-Nya sehingga penulis dapat menyusun makalah ini tepat pada waktunya. Makalah ini membahas tentang radio online serta keseluruhan dari tugas-tugas kuliah Digital Broadcast.
Dalam penyusunan makalah ini, penulis banyak mendapat tantangan dan hambatan akan tetapi dengan bantuan dari berbagai pihak tantangan itu bisa teratasi. Oleh karena itu, penulis mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang telah membantu dalam penyusunan makalah ini, semoga bantuannya mendapat balasan yang setimpal dari Tuhan Yang Maha Esa.
Penulis menyadari bahwa makalah ini masih jauh dari kesempurnaan baik dari bentuk penyusunan maupun materinya. Kritik konstruktif dari pembaca sangat penulis harapkan untuk penyempurnaan makalah selanjutnya.
Akhir kata semoga makalah ini dapat memberikan manfaat kepada kita sekalian.




DAFTAR ISI

Halaman
KAKAT PENGANTAR .................................................................................................... 1
DAFTAR ISI  ................................................................................................................. 2
BAB I               PENDAHULUAN ....................................................................................... 3
BAB II             PEMBAHASAN
A.     Radio Online ....................................................................................... 4
B.     Tugas kuliah  ....................................................................................... 9
a.       Tugas 1 ................................................................................... 9
b.      Pengganti kuliah 30 April 2011 …………………………………… ………..      9
c.       UTS analisa 3 Gambar …………………………………………………..........       10
d.      Gambar sosialisasi …………………………………………………………………….  11
e.      Pengganti kuliah (kuliah terakhir) ……………………………….                  12
f.        Web 1.0, 2.0, 3.0 ………………………………………………………………….. 14
g.       Pengganti kuliah 9 April 2011 ……………………………………………….        16
h.      Persentasi Radio online luar negeri ………………………………………..    17

BAB III            PENUTUP
A.     Kesimpulan ........................................................................................ 18
DAFTAR PUSTAKA



Bab I
Pendahuluan
            Teknologi madia masah semakin hari semakin maju, sperti radio yang berawal dari gelombang SW kemuadian AM dan FM yang bersifat analog yang memiliki kualitas dan jangkauan siaran yang terbatas.
            Namun seiring perkembangan teknologi, analog sudah berubah menjadi digital, lebih canggih, lebih simple dan mudah di akses, dengan begitu sekarang-sekarang ini Radio Online atau streaming sudah tidak asing lagi di dengar, tapi ada baiknya kita juga tau dan mengenal semua proses dan perkambangn itu terjadi.


Bab II
Pembahasan
A.     RADIO ONLINE
            Sejarah Radio adalah Sejarah teknologi yang menghasilkan peralatan radio yang menggunakan gelombang radio, dulu awalnya sinyal pada radio ini ditransmisikan melalui gelombang data yang kontinyu baik melalui Modulasi Amplitudo (AM) maupun Modulasi Frekuensi (FM). Dan metode pengiriman sinyal seperti ini disebut dengan Analog.
            Dulu awalnya Radio banyak dipakai di maritim,ini digunakan untuk mengirimkan pesan telegraf yang menggunakan kode morse antara laut dan daratan.
            Perkembangan dunia teknologi informasi khususnya dibidang internet sangatlah pesat, untuk mendapatkan sebuah informasi yang dibutuhkan juga makin beragam, dikenalkanya toko buku online, serta video striming online juga makin menambah cara mendapatkan sebuah informasi, penyampaian informasi yang dilakukan dengan cara audio juga banyak diminati oleh banyak pengguna, ini disebabkan karena beban data dengan audio lebih kecil memakan memori, serta tidak banyak menggunakan bandwidth, selain itu informasi yang diterima lebih mudah untuk di mengerti, terlebih bila menggunakan bahasa yang dikenal.
            Cara penyampain informasi dengan audio diinternet disebut dengan radio internet atau radio online. Radio internet di Indonesia pada khususnya sudah banyak dikenal luas, ini dikarenakan banyak broadcast radio ataupun tv mulai menyentuh dunia internet.
            Selain broadcast besar radio internet juga banyak dikelola oleh bagian kecil masayarakat, perkembangan radio internet yang sangat cepat ini disebabkan oleh beberapa hal:
1.      Penyampaian informasi dapat mencakup daerah yang luas, koneksi internet yang saat ini hampir mencapai semua pelosoklah yang memungkinkan ini terjadi.
2.      Penerimaan dengan radio internet lebih jernih dibanding radio konvensional.
3.       Radio internet tidak memerlukan ijin khusus.
4.      Seting hardware dan software untuk penerima maupun pemancar tidak begitu rumit.
            Seiring dengan penetrasi internet di dunia yang mulai mencapai angka 1 miliar pengguna, kebutuhan untuk mendapatkan layanan berbasis Internet juga semakin meningkat. Data menunjukkan [1] bahwa, 80% pengguna Internet mengirimkan email, 60% menggunakan instant messaging (seperti Yahoo atau MSN Messenger) dan 55% mendownload file. Kemudian 22% pengguna Internet juga mulai menikmati video lewat Internet.
             Setelah ATM diperkuat dengan Internet banking, toko buku diperkuat dengan toko buku online, ternyata Radio dan TV juga mengikuti jejak untuk mencoba versi Internet dengan broadcastingnya.
            Beberapa Radio konvensional Indonesia saya lihat sudah merely acaranya untuk bisa dinikmati lewat Internet. Hasil pencarian di tvradioworld.com menunjukkan bahwa sekitar 204 radio konvensional Indonesia memiliki versi Internet Radio (beberapa sepertinya broken link).
            Radio Internet bagaimanapun juga masih dikuasai oleh 5 besar penyedia jasa portal dunia maya, yaitu: AOL Radio Network, Yahoo!Music, MSN Radio, WindowsMedia.Com maupun Live365.Com. Selain itu muncul Radio Internet yang dikelola oleh individu maupun kelompok, baik untuk tujuan hobi, iseng, dakwah, komunikasi dengan komunitasnya, maupun untuk tujuan membantu pembelajaran seperti yang kita create dengan Radio IlmuKomputer.Com.
             Mengapa Radio Internet sangat pesat perkembangannya dan digandrungi oleh pendengar dan broadcaster? Yang pasti ada beberapa sebab yang bisa kita diskusikan:
§  Internet Radio memungkinkan kita mencari dan memilih siaran berdasarkan karakteristik negara, bahasa yang digunakan, jenis radio, dsb dengan cepat dan sesuai dengan yang kita inginkan. Kita dapat menyimpannya dalam bookmark atau shortlist, dan tinggal meng-klik untuk memutarnya. Komputer membantu kita mengelola bookmark dan shortlist kita.
§   Radio konvensional memiliki keterbatasan geografis. Siaran yang disajikan hanya dapat dinikmati dalam wilayah yang kecil, baik kecamatan maupun kabupaten/kotamadya. Ini berbeda dengan radio internet yang begitu kita broadcast, seluruh dunia akan mendengarkan siaran kita, tak peduli kita ada di sebuah rumah mungil yang terletak di Ujung Aspal, Pondok Gede, maupun yang ada di pusat kota Jakarta
§  Investasi relatif lebih murah, baik investasi awal, operasional maupun maintenance
§   Kualitas suara yang tidak kalah dengan kualitas suara pada radio konvensional
§   Setting hardware/alat maupun software lebih mudah dan sederhana
§  Tidak memerlukan ijin khusus untuk membuatnya
            Di Indonesia masih belum banyak yang memanfaatkan teknologi ini karena koneksi Internet kita yang tidak terlalu baik. Kalaupun kita mau gunakan, harus dipilih software streaming yang tidak menggunakan resource bandwidth yang besar, juga setting encoder kita harus buat sekecil mungkin, misalnya dengan menggunakan 16-24kbps (mono). Sebagai catatan, beberapa server radio internet memiliki ukuran yang tidak terlalu besar, misalnya Shoutcast server hanya berukuran 136kb.
            Radio Streaming Online Indonesia. Tidak menyangka perkembangan teknologi sudah sangat semakin maju saat ini. Terutama yang berhubungan dengan internet. Dengan internet segala hal bisa dilakukan. Kali ini yang akan saya bahas yang berhubungan dengan multimedia salah satunya yaitu Radio Streaming Online Indonesia yang merupakan perkembangan dari radio lokal kita sendiri. Sebelumnya, mungkin beberapa tahun kemaren kita baru mengenal namanya video streaming yang diperkenalkan oleh situs YouTube dimana saat ini sudah kita ketahui bersama bagaimana besarnya pengaruh situs video streaming seperti YouTube tersebut.
            Kemudian semakin kesini, setelah layanan video streaming diperkenalkan, lalu munculah inovasi yang baru yaitu TV streaming. Dimana kita sudah bisa menonton televisi hanya bermodalkan internet. Melalui internet kita bisa mendapat saluran atau channel siaran TV yang kita ingin tonton.
             Maka dari itu jangan salah kalo akhirnya sudah muncul lagi sebuah inovasi streaming yaitu radio streaming. Disini saya hanya ingin mengenalkan beberapa channel atau salruan Radio Streaming Online Indonesia yang sudah mengudara dan bisa diakses. Dari yang dulunya sebuah channel atau saluran radio hanya bisa dinikmati di daerah yang dekat dengan stasiun pemancarnya, namun kali ini radio lokal online sudah bisa menasional menjangkau semua daerah.


B.     Tugas Kuliah

Tugas 1


            Harley radioshow menggunkan teknologi yang lebih canggih dari pada radio streaming lainnya, namun disayangkan radio ini lebih banyak memutarkan lagu – lagu, menurut saya kurang ramai dan kurang hidup jika tanpa bacot seorang penyiar. Pada saat saya mendengarkan Harley radio show kemudian saya mendengarkan radio streaming lain (ardan) saya mendengar ardan lebih banyak suara penyiar daripada lagu yang diputar, jadi suasananya lebih hidup dan tentunya ada interaksi antar pendengr dengan penyiar.

Tugas pengganti kuliah 30 April 2011


            Perkembangan penyiaran radio di Bandung sangat pesat, bisa dikatakan dalam bersaing meperebutkan iklan, menciptakan program-program yang menarik sehingga menarik khalayak untuk mendengarkan program mereka, menaikan rating dan mendapat sponsor/iklan sebanyak mungkin. Di Bandung banyak sekali radio Swasta yang masih bertahan , namun tidak semua radio tersebut mempunyai kehidupan, melaikan beberapa saja.
             Banyak radio swasta yang sudah menggunakan streaming agar pendengar tetap bisa mendengarkan siaran, seharusnya radio swasta tidak banyak di Bandung suapaya radio bisa tetap mempunyai nyawa. Contohnya seperti di Jakarta yang tidak sebanyak di bandung, karena dengan begitu persaingan semakin ketat dan pemasukan pengiklan semakin sedikit, namun jika dilihat dari tingkatan-tingkatan khususnya untuk Bandung masih dipegang oleh radio yang ber gendre dangdut. 

            Karena jika dilihat radio yang bersegmentasi remaja sangat banyak. Selain menggunakan streaming mereka menciptakan radio berjaringan yang bisa didengar dari luar kota tersebut. Namun kemungkinan besar dunia penyiaran ke depan akan berubah seiring berkembangnya teknologi komunikasi dan informasi. konvergensi adalah digitalisasi, kerena seluruh bentuk informasi maupun data diubah dari format analog ke format digital sehingga dikirim ke dalam satuan bit. Karena informasi yang dikirim merupakan format digital, konvergensi mengarah pada penciptaan produk-produk yang aplikatif yang mampu melakukan fungsi audiovisual sekaligus komputasi.
             Dunia penyiaran ke depan akan berubah seiring berkembangnya teknologi komunikasi dan informasi. Sifat-sifat teknologi telekomunikasi konvensional yang bersifat passif sekarang sudah mampu digabungkan dengan teknologi komputer yang bersifat interaktif. Sistem analog yang sudah lama digunakan akan tergantikan oleh sistem digital, dan implementasinya segera memunculkan fenomena baru. Dalam dunia penyiaran, digitalisasi memungkinkan siaran televisi memiliki layanan program seperti laiknya internet. Cukup dengan satu perangkat, seseorang sudah dapat mengakses dan mendengarkan radio . inilah Prediksi Masa Depana Radio Di ERA KONVERGENSI

Tugas UTS Analisa Tiga Gambar

            Siaran radio dikirimkan pada saat ON AIR melalui SW/AM/FM. Namun yang harus di ingat  yang paling penting adalah sinyal, karena banyaknya pendengar sangat bergantung pada sinyal, tak ada sinyal maka tidak bisa mendengarkan siaran sebuah radio. Oleh karena itu adanya radio internet atau bisa disebut online untuk tetap bisa didengarkan pada saat di luar sebuah kawasan siaran radio tersebut.
             Dengan begitu khalayak tidak akan kabur karena dia masih bisa mendengarkan radio kesayangannya. Jika radio online tidak tersedia ada kemungkinan pendengar akan kabur dan menyetel chanel lain. Untuk itu crew , manager dan owner harus jauh lebih pintar dari pendengar.
            Jika mereka tidak bisa mengatur dan mengendalikan serta mempertahankan pendengar mereka  tentunya iklan juga tidak akan bertahan, secara iklan merupakan sumber pendapatan sebuah radio. Selain itu juga melakukan survey atas apa yang telah kita siarkan kepada pendengar adalah hal yang penting dengan demikan kita bisa menjual program kepada pengiklan.

Tugas sosialisasi


Kehidupan semakin hari semakin modern sehingga budaya tradisional hampir ditinggalkan dan terlupakan, namun ternyata di sebuah sanggar terdapat sekelompok anak yang masih girang dan bersemangt untuk belajar dan mendalami tarian tradional dari pelaran sunda, seperti yang terlihat pada gambar dibawah ini.



Tugas Pengganti Kuliah (kuliah terakhir)


Ciri radio online :
§  Dari sisi penerbit, mekanisme publikasi real time itu lebih leluasa tanpa dikerangkengi oleh periodisasi maupun jadwal penerbitan atau siaran: kapan saja dan dimana saja selama dia terhubung ke jaringan Internet maka siaran mampu mempublikasikan berita, peristiwa, kisah-kisah saat itu juga. Inilah yang memungkinkan para pendengar untuk mendapatkan informasi mengenai perkembangan sebuah peristiwa dengan lebih sering dan terbaru.
§  bersifat interaktif. Dengan memanfaatkan hyperlink yang terdapat pada web, dapat menyajikan informasi yang terhubung dengan sumber-sumber lain. Ini berarti, pendengar dapat menikmati informasi secara efisien dan efektif namun tetap terjaga dan didorong untuk mendapatkan pendalaman dan titik pandang yang lebih luas -bahkan sama sekali berbeda.
§  Tidak membutuhkan organisasi resmi berikut legal formalnya sebagai lembaga pers. Bahkan dalam konteks tertentu organisasi tersebut dapat dihilangkan.
§   Tidak ada biaya berlangganan kecuali langganan dalam mengakses internet sehingga komunikan atau audience memiliki kebebasan dalam memilih informasi yang diinginkan
§  Relatif lebih terdokumentasi karena tersimpan dalam jaringan digital
Sifat Radio online:
§  Sifatnya yang real time. Berita, kisah-kisah, peristiwa-peristiwa, bisa langsung dipublikasikan pada saat kejadian sedang berlangsung.
§  Dapat diakses dimna saja selama masih terdapat sinyal internet.
§  Suara yang dihasilkan jernih walaupun jauh dari station radio tersebut.
§  Mendengarkan radio dengan menggunakan komputer, laptop dan smartphone.
§  Pengiklan bisa mengetahui apakah iklan mereka ditayangkan pada program acara tersebut dengan cara mengakses tanpa harus mendengar secara onair.
§  Pengoperasian radio dapat dilakukan personal tanpa harus kerja team.

Unsur Radio online
o   Menampilkan Features yang ingin diakses.
o    Tampilan video pada home radio.
o   Bisa memilih berita, informasi, lagu dan lain-lain sesusai keinginan pendengar
o   Berita, informasi, lagu dll dapat diakses kapan saja dan bisa berulang-ulang.

 Web 1.0 , 2.0 , 3.0


            Web adalah suatu ruang informasi di mana sumber-sumber daya yang berguna diidentifikasi oleh pengenal global yang disebut Uniform Resource Identifier (URL).
Secara umum, Web 1.0 dikembangkan untuk pengaksesan informasi dan memiliki sifat yang sedikit interaktif.Secara garis besar, sifat Web 1.0 adalah Read.
            Lalu, tak lama kemudian muncullah Web 2.0 yang merupakan revolusi bisnis di industri komputer yang disebabkan oleh penggunaan internet sebagai platform, juga merupakan suatu percobaan untuk memahami aturan untuk mencapai keberhasilan platform baru.Sifat Web 2.0 adalah Read-Write.
            Era Web 2.0 tidak membutuhkan orang jenius yang hanya berkutat sendiri di ruang tertutup atau laboratorium untuk membuat teknologi baru yang dipatenkan agar membuat dirinya menjadi terkenal. Tapi era ini lebih membutuhkan orang untuk saling berbagi ilmu, pengalaman atau lainnya sehingga terbentuk komunitas online besar yang menghapuskan sifat-sifat individu.
            Website – website yang digolongkan ke dalam kategori web 2.0 memfasilitasi pengguna internet biasa untuk menuliskan konten mereka sendiri: Website sharing foto seperti flickr, blog service seperti wordpress.com, blogger.com, video sharing seperti YouTube, dll. Komunikasi pun terjadi secara dua arah, dimana pengunjung web juga bisa memberikan informasi.
Yang menjadi kunci perbedaan dalam Web 2.0 dan Web 1.0 adalah keterbatasan pada Web 1.0 yang mengharuskan pengguna internet untuk datang ke dalam website tersebut dan melihat satu persatu konten di dalamnya.Sedangkan Web 2.0 memungkinkan pengguna internet dapat melihat konten suatu website tanpa harus berkunjung ke alamat situs yang bersangkutan.Kemampuan web 2.0 dalam melakukan aktivitas drag and drop, auto complete, chat, voice dapat dilakukan layaknya aplikasi desktop.
            Selanjutnya adalah Web 3.0, jika dunia seluler dikenal istilah 3G, maka di Internet ada yang namanya Web 3.0.
            Konsep ini dapat diandaikan sebuah website sebagai sebuah intelektualitas buatan (Artificial Intelegence).Aplikasi – aplikasi online dalam website dapat saling berinteraksi, kemampuan interaksi ini dimulai dengan adanya web service.
            Di web 3.0 ini, sudah terjadi konvergensi yang sangat dekat antara dunia TI dengan dunia telekomunikasi. Dunia web dan telco berkembang pesat seiring dengan kebutuhan pengguna. Penggunaan perangkat TI dan telekomunikasi nantinya sudah seperti sama saja tidak ada bedanya. Saat ini saja pertanda seperti itu sudah mulai bisa kita rasakan walaupun masih belum sempurna. Kita bisa menonton tivi di ponsel atau komputer, bisa mengakses internet di ponsel, bisa melakukan SMS dan telepon dari komputer. Ya karena konvergensi terhadap berbagai perangkat seperti hukum alam yang tidak bisa dielakkan. Semua mengalami evolusi menuju dunia yang lebih maju.
            Saat ini adaptasi Web 3.0 mulai dikembangkan oleh beberapa perusahaan di dunia seperti secondlife, Google Co-Ops, bahkan di Indonesia sendiri juga sudah ada yang mulai mengembangkannya, yaitu Li’L Online (LILO) Community.
            Permasalahan lain yang potensial muncul adalah, sebagai teknologi masa depan, Web 3.0 juga membutuhkan kecepatan akses Internet yang memadahi dan spesifikasi komputer yang tidak enteng, hal ini disebabkan tak lain karena teknologi ini secara visual berbasis 3D.
            Sedangkan seperti yang kita tahu biaya akses Internet dengan kecepatan tinggi di Indonesia ini masih terbilang mahal bagi masyarakat umum. Belum lagi jika dihitung dari biaya spesifikasi perangkat komputer yang dibutuhkan, mungkin masyarakat Indonesia yang ingin menikmati kecanggihan layanan berbasis teknologi Web 3.0 masih harus menarik nafas penjang. Namun karena Web 3.0 sendiri masih dalam pengembangan, seiring dengan berlalunya waktu sebagai masyarakat Indonesia kita masih bisa mengharapkan bahwa biaya komunikasi, dalam hal ini koneksi Internet kecepatan tinggi akan semakin murah nantinya, sehingga terjangkau bagi masyarakat luas.


Tugas Pengganti Kuliah, 09 April 2011 7 Key Features dan Fungsinya


1.      Dynamics live streaming, merupakan fitur yang mendukung operasi penyiaran radio  secara dinamis via website radio.
2.      Systemic podcast streaming, fitur ini memudahkan pendengar memilih hasil produksi seni siaran yang tersedia. Hasil produksi itu bisa dilihat dan didengar secara on demand.
3.      Multi request integration, fitur ini memudahkan proses interaksi dengan pendengar dengan simple tanpa repot-repot harus membuka satu persatu masing-masing aplikasi web maupun sms. Karena multi request integration terangkum hanya dalam satu halaman web secara praktis.
4.      Stay tune social marketing, fitur yangberfungsi untuk melakukan promosi hasil produksi siaran radio kepada pendengar dengan cara mengunggah atau mempublish di facebook dll. Kemudian siaran bisa didengarkan secara langsung.
5.      Listeners Monitoring fitur ini digunakan untuk mengamati jumlah pendengar dalam jangka waktu tertentu.
6.      Vidio Show , berfungsi untuk melihat/menampilkan konten video.
7.       Radio business , fitur ini memungkinkan pendengar bisa mengakses konten premium . selain itu fitur ini juga menjadikan pemasang iklan lokal dengan mudah dapat menawarkan produkn melalui portal radio yang disertai teks, gambar, suara, animasi maupun video yang lebih kreatif.


Daftar Pustaka


Tidak ada komentar:

Posting Komentar